15.2.10

BENTANG BUDAYA?!


INDONESIA

Indonesia adalah salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki beragam budaya. Budaya di Indonesia sangat unik-unik dari negara lain, dia memiliki khas sendiri. Contohnya dalam hal pertunjukan, Indonesia sangat terkenal dengan pertunjukan wayang kulit dan tari-tarian yang bermacam-macam. Wayang kulit ini menampilkan kisah tentang kejadian mitologis Hindu Ramayana dan Baratayuda. Tari-tarian yang tidak membutuhkan kelenturan badan adalah tari saman, Tarian ini berasal dari Minang.Dari segi busana Indonesia terkenal dengan batiknya, berbagai ragam motif batik yang ada di Indonesia sangat diminati oleh nyaris semua negara di dunia ini. Tapi baju-baju adat lainnya juga masih banyak skali seperti baju bodo dari Sulawesi, kebaya dari Betawi dan Sunda dan yang paling unik adalah pakaian adat orang Papua yaitu berkoteka. Dari segi arsitektur bangun-bangun bersejarah di Indonesia sangat menggambarkan skali sejarah Indonesia yang teerjadi dan mencerminkan budaya, sejarah dan geografi Indonesia. Dari bidang olahraga Indonesia juga tak kalah. Terutama saat Olimpiade 1992, dimana Indonesia menduduki peringkat 24 dengan meraih 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. Pada era 1960 hingga 2000, Indonesia merajai bulu tangkis. Atlet-atlet putra Indonesia seperti Rudi Hartono, Liem Swie King, Icuk Sugiarto, Alan Budikusuma, Ricky Subagja, dan Rexy Mainaky merajai kejuaraan-kejuaraan dunia. Rudi Hartono yang dianggap sebagai maestro bulu tangkis dunia, menjadi juara All England terbanyak sepanjang sejarah. Selain bulu tangkis, atlet-atlet tinju Indonesia juga mampu meraih gelar juara dunia, seperti Elyas Pycal, Nico Thomas, dan Chirs John. Karena Indonesia adalah negara kepulauan yang terjejer dari sabang sampai merauke, pastinya Indonesia memiliki berbagai macam seni musik. Salah satu seni tarinya yang sangat khas adalah keroncong dan dangdut. Musik-musik ini sangat sering kita jumpai di mana pun kita berada di Indonesia. Alat musik Indonesia pun sangat beragam, tapi paling sangat diketahui oleh banyak orang adalah angklung dan gamelan. Alat musik tradisional itu memang sangat memiliki suara yang khas dan harmonis skali untuk didengar.

THAILAND

Muay Thai, sejenis kickboxing ala Thailand, adalah olahraga nasional di Thailand dan merupakan seni beladiri setempat. Popularitasnya memuncak di seluruh dunia pada tahun 1990-an. Ada pula seni beladiri yang mirip dengan muay Thai di negara-negara lain di Asia Tenggara. Ucapan penyambutan yang umum di Thailand adalah isyarat bernama wai, yang gerakannya mirip dengan gerakan sembahyang. Hal-hal yang tabu dilakukan di antaranya menyentuh kepala seseorang dan menunjuk dengan kaki, karena kepala dan kaki masing-masing merupakan bagian tubuh yang paling atas dan bawah. Masakan Thailand mencampurkan empat macam rasa yang dasar: manis, pedas, asam dan asin.

TIMOR LESTE
Sejak kemerdekaan Timor Leste pada tahun 2002, setelah sejak tahun 1999 di bawah pemerintahan transisi PBB, Timor Leste berdasarkan konstitusinya hanya mengakui 2 bahasa nasional yaitu bahasa Tetum dan bahasa Portugis. Di dalam konstitusi disebutkan 2 bahasa yang dijadikan bahasa kerja yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.[1] Dalam praktek keseharian, masyarakat banyak menggunakan bahasa Tetum sebagai bahasa ucap. Sementara bahasa Indonesia banyak dipakai untuk menulis. Misalnya anak sekolah di tingkat SMA masih menggunakan bahasa Indonesia untuk ujian akhir. Banyak mahasiswa dan dosen lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dan menulis karangan ilmiah.


haha ini postingan gua yang paling berilmu skali! :D (dengan sedikit pengubahan bahasa oleh RATIH GUSTIANA AGMER)

No comments:

Post a Comment